Wednesday, July 29, 2009

Reservation Road


Dwight Arno (diperankan oleh Mark Rufallo) adalah seorang pengacara yang baru saja bercerai dengan istrinya, Ruth (diperankan oleh Mira Sorvino). Ruth memenangkan hak asuh atas putra mereka, Lukas (diperankan oleh Eddie Alderson), tapi ia masih diizinkan untuk menemui Dwight pada setiap akhir pekan.

Mereka berkesempatan untuk menonton pertandingan baseball, ketika tiba-tiba Ruth menelepon Dwight dan menegurnya, karena sudah terlambat memulangkan Lucas ke rumah. Akhirnya mereka terburu-buru kembali dan Dwight harus mengebut mobilnya, karena Ruth sudah berulang kali menghubunginya. Dan hal itu bisa membuatnya kehilangan hak untuk bisa menemui anaknya di setiap akhir pekan.

Tiba-tiba saja dia kehilangan kendali atas mobilnya, dan menabrak seorang anak laki-laki berusia sepuluh tahun bernama Josh Learner (diperankan oleh Sean Curley), yang kebetulan sedang menyeberangi jalan untuk melepaskan kunang-kunang yang disimpannya di dalam sebuah stoples.

Keluarga Josh sedang berhenti di pom bensin dan ibunya sedang ke toilet bersama dengan adik-adik Josh. Jadi, tidak ada yang memperhatikan kalau dia sudah tertabrak mobil. Ayahnya, Ethan Learner (diperankan oleh Joaquin Phoenix), yang melihat kejadian itu, tidak sempat mengejar mobil Dwight. Dan ia juga tidak bisa melihat nomor polisinya karena keadaan sudah sangat gelap dan mobil Dwight juga berkaca gelap. Dia hanya sempat melihat pengemudi mobil itu mengenakan topi baseball, hanya saja ia tidak bisa melihat wajahnya.

Dwight yang terlalu takut untuk berhenti, memutuskan untuk tetap memacu mobilnya meninggalkan Josh tergeletak di jalanan. Dia tidak perduli ketika Ethan berteriak-teriak memanggilnya dan menyuruhnya berhenti. Dwight tidak ingin berhenti karena tidak ingin terlibat kasus hukum, karena itu akan mempengaruhi haknya untuk mengunjungi Lucas. Anaknya itu yang menderita luka ringan juga berteriak-teriak mengatakan kalau mereka telah menabrak seseorang, tapi Dwight berbohong kepadanya dan mengatakan kalau mereka hanya menabrak sebilah kayu saja. Belakangan, Dwight melihat dari berita di televisi, kalau bocah yang ditabraknya itu meninggal karena tabrak lari. Dan polisi sedang mengusut kasus itu dan dimulai dengan melacak semua mobil yang diperkirakan serupa dengan mobil si penabrak lari..

Untuk menyembunyikan jejak, Dwight menyembunyikan mobilnya yang lecet di dalam garasi dan menyewa mobil lain untuk dipakai sehari-hari. Jadi, ketika polisi menyelidiki semua mobil seperti yang dimilikinya untuk ditanyai, Dwight berbohong dengan menyatakan kalau mobilnya yang itu telah disumbangkan untuk amal.


Keluarga Josh jadi terpuruk sejak ia meninggal. Ibunya, Grace Learner (diperankan oleh Jennifer Connelly), menderita frustrasi dan selalu menangis sepanjang hari. Tapi ia berusaha untuk menerima kenyataan bahwa putranya telah meninggal. Dan betapa sulitnya untuk melacak pelaku tabrak lari. Karena banyak kasus tabrak lari yang diselidiki polisi mengalami jalan buntu. Jadi Grace berusaha mempersiapkan dirinya untuk kemungkinan terburuk, bahwa mereka tidak akan pernah berhasil menemukan siapa pengemudi yang telah membunuh anak mereka.

Tidak demikian halnya dengan Ethan. Dia sangat terobsesi untuk bisa menemukan pembunuh putranya dan menjadi sangat kesal melihat lambannya usaha penyelidikan yang dilakukan polisi. Hal ini membuat ia dan Grace sering bertengkar. Akhirnya, Ethan memutuskan untuk menyewa seorang pengacara untuk membantu kasus itu. Dan tanpa sengaja ia meminta Dwight menjadi pengacaranya. Padahal, mereka belum pernah bertemu sebelumnya. Tapi Dwight mengenali Ethan sebagai ayah dari anak yang telah ditabraknya. Ia tidak bisa menolak. Akhirnya, dengan terpaksa ia menerima kasus itu.

Dwight merasa sangat bersalah. Akhirnya dia memutuskan untuk menyerahkan diri ke polisi. Dia datang ke kantor polisi untuk membuat pernyataan. Tapi polisi yang sudah mengetahui bahwa Ethan telah memilih Dwight sebagai pengacaranya, malah menganggap kalau ia datang untuk mengetahui sudah sejauh mana kasus itu berjalan. Polisi itu dengan agak kesal mengatakan kepada Dwight, kalau sangat kecil kemungkinan mereka bisa menemukan si penabrak lari itu. Sambil menyerahkan berkas-berkas kasus tersebut kepada Dwight dan pergi dengan terburu-buru. Dan ia pun membatalkan rencananya untuk menyerahkan diri, karena memiliki sedikit harapan kalau kasus ini mungkin tidak akan pernah selesai dan ia tidak perlu khawatir.

Tapi perjalanan hidup berkata lain. Dwight menyadari kalau ternyata kehidupannya dengan Ethan bisa dikatakan dekat.. Karena Ruth adalah seorang guru piano dan putri Ethan belajar piano padanya di rumahnya. Dwight mengetahui hal ini, ketika ia bertemu dengan Ethan yang sedang menjemput putrinya dari rumah Ruth, sehabis belajar piano.

Mengetahui hal ini, Dwight kembali diserang rasa bersalah dan berniat untuk menyerahkan diri ke polisi. Dia kemudian merekam pengakuannya di sebuah video. Ia berencana untuk memberikan video itu pada Lucas, pada hari ia menyerahkan diri ke polisi. Kemudian Dwight memaksa Ruth agar mengizinkan Lucas menginap selama seminggu penuh dengannya. Dwight ingin menghabiskan hari-hari terakhirnya sebelum dipenjara dengan Lucas. Setelah memohon-mohon, akhirnya Ruth mengizinkan juga meski dengan berat hati.

Pada saat itu, Ethan secara tidak sengaja melihat Dwight memakai topi baseball yang sama dengan yang dipakainya di malam mereka menonton baseball dan menabrak Josh di perjalanan pulangnya. Ethan seketika menyadari, bahwa Dwight adalah pelaku tabrak lari yang telah menewaskan putranya. Dia menyadari, kalau selama ini Dwight telah berpura-pura dan menipunya, sehingga kasus penyelidikan itupun berjalan lambat.


Ethan sangat marah dan sudah berniat untuk membunuh Dwight. Dia membeli senjata kemudian mendatangi Dwight di rumahnya. Ia kemudian menodongkan senjata itu ke arah Dwight dan memaki-makinya. Dwight yang menyadari kalau Lucas mungkin akan mendengar perbincangan mereka, memohon kepada Ethan agar tidak melakukan hal itu di depan anaknya, Lucas. Ia tidak ingin Lucas merasa trauma karena melihat ayahnya ditodong senjata.

Ethan lalu memasukkan Dwight ke dalam bagasi mobilnya dan membawanya ke sebuah tempat tersembunyi. Ia sudah berniat untuk membunuh Dwight dan membuang mayatnya disana, sehingga tidak ada yang akan menemukannya.

Namun Dwight berhasil merebut senjata dari tangan Ethan dan berbalik menodongnya. Tapi kemudian mengarahkannya ke kepalanya sendiri, dengan putus asa. Ethan yang melihat kalau ternyata Dwight sendiri merasa sangat frustrasi karena sudah menabrak seorang anak hingga meninggal dan terlalu pengecut untuk melaporkan diri ke polisi, akhirnya menyadari kalau ternyata hidup Dwight lebih menderita daripada hidupnya sendiri. Dwight harus menanggung beban kebohongan dan penyesalan itu sendiri. Dan tidak pernah merasa aman karena selalu ketakutan akan ditangkap polisi.

Ethan akhirnya tidak jadi membunuh Dwight. Apalagi setelah melihat Dwight begitu menderita karena penyesalannya. Ethan pun pergi dan meninggalkan Dwight di tempat itu menjerit-jerit dan menangis mencurahkan isi hati dan penyesalannya. Sementara itu, di rumahnya, ditunjukkan kalau ternyata Lucas secara tidak sengaja telah menemukan rekaman video pengakuan yang dibuat Dwight dan menontonnya.

No comments:

Post a Comment

Kunjungi juga blog ku yang lain ya:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
~Serendipity

Komentar SPAM dan pengiklan liar pasti akan di-reject!
Maaf, aku tidak menyediakan link download apapun. Mungkin bisa dicari sendiri di google atau di blog film yang menyediakannya :)

Salam

Related Posts with Thumbnails

  © Mirror On The Wall by Simply Fabulous Blogger Templates

Back to TOP