Sunday, May 16, 2010

The Dark Class

Film ini berkisah tentang perempuan-perempuan yang kecanduan yoga. Tujuan mereka adalah untuk bisa mendapatkan kecantikan abadi dan tidak akan pernah bertambah tua. Pemeran utamanya adalah Hyo-jung, yang bekerja sebagai presenter untuk penjualan barang secara online di sebuah acara televisi. Kehidupannya cenderung biasa saja dan dia merasa dirinya tidak cantik. Sampai ketika dia bertemu dengan seorang teman lamanya, Sun-hwa. Dia terlihat berbeda, cantik, langsing tapi sikapnya sangat dingin dan tatapan matanya kosong.

Hyo-jung tinggal dengan suaminya, Choi-dong-hon, yang pengangguran. Setelah bertemu dengan teman-temannya yang sukses dan memiliki suami kaya, ia merasa hidupnya kurang beruntung dan bertengkar dengan suaminya. Nasib buruknya bertambah, karena posisinya sebagai presenter penjualan itu digantikan oleh gadis lain. Dan teman lamanya, Sun-hwa berada di belakang semua itu.

Melihat Hyo-jung stress, Sun-hwa menyarankan agar ia mengikuti sebuah klub yoga tempatnya dulu bergabung. Kahn mi-hi adalah nama pemilik klub yoga itu. Hyo-jung pun pergi untuk mengikuti klub itu, berupa kelas intensif selama satu minggu. Kedatangan pertamanya tidak berhasil, karena dia ditolak. Tapi seorang wanita di klub itu menyarankan agar dia terus datang sampai diterima.

Sun-hwa dulunya adalah seorang perempuan yang tidak percaya diri, miskin dan jelek. Tapi latihan yoga itu membuatnya benar-benar berubah. Dan Hyo-jung ingin seperti itu. Pada kesempatan berikutnya, ketika datang lagi ke klub itu, dia bertemu dengan 4 orang wanita lainnya yang ingin bergabung. Akhirnya mereka diterima oleh Na-ni, yang akan menjadi pembimbing yoga mereka. Dan latihan pun dimulai.

Sikap dan tingkah laku Na-ni sama dingin dan misteriusnya dengan Sun-hwa. Mereka diharuskan untuk tidak berhubungan dengan dunia luar selama kelas berlangsung. Segala hal dalam tempat itu diatur secara ketat. Mulai dari jam makan sampai jam mandi. Na-ni mengatakan kalau airakan mengurangi hasil yoga mereka. Mereka juga dilarang melihat cermin. Dan yang terakhir, mereka harus tetap merahasiakan keberadaan tempat ini kepada orang lain. Meskipun terasa aneh, mereka semua mengikuti dengan patuh.

Ternyata tempat yoga itu tidaklah semewah bagian depannya. Di dalam, ruangannya kumuh dan kotor. Mereka berlima akan berbagi kamar bersama. Teman Hyo-jung yang lainnya bernama Seo-in-soon si pemalu dan suka berteman, Sung-yeon-ju si artis yang angkuh dan manja, Lee-bo-ra yang lembut dan baik hati, Yu-kyung yang kasar dan tidak ramah.

Pada sesi pertama, mereka semua terkenang akan perjalanan pahit mereka di masa lalu dan menangis tersedu-sedu. Semuanya menangis, kecuali Lee-bo-ra yang cenderung terlihat ketakutan. Sesi berikutnya adalah latihan gerakan-gerakan yoga yang lemah gemulai tapi menguras tenaga. Selama belajar, mereka tidak punya kesempatan untuk bertemu Kahn-hi-mi. mereka hanya bisa melihatnya lewat poster. Tujuan utama latihan mereka adalah untuk mendapatkan Kundalini, yang dipercaya sebagai sesuatu yang akan membuat kecantikan mereka abadi.

Di lain tempat, diceritakan kalau suami Hyo-jung sedang berusaha menemui seorang sutradara film. Di pintu dia bertemu dengan Sun-hwa yang cepat-cepat berlalu. Tapi betapa terkejutnya dia ketika menemukan sutradara yang dicarinya sudah tewas dengan wajah hancur dan mata tertusuk. Dan Chong harus berhadapan dengan polisi, sebagai tersangka.dia kemudian bertekad mencari dimana Sun-hwa berada dan meminta pertanggung jawaban. Chong akhirnya mengenal Sun-hwa setelah melihat foto teman-teman Hyo-jung.

Di hari ketiga, latihan yoga yang mereka ikuti semakin rumit dan berat. Tapi metode gerakan yang paling rumit bisa dilihat ketika Na-ni melakukan gerakan yoga-nya sendiri di kamarnya. Kekuatan yang ditimbulkannya menyebabkan lilin di ruangan itu padam. Dan ternyata Yu-kyung bisa merasakan pengaruh dari kekuatan itu, dia mulai sering bermimpi buruk. Yu-kyung lalu memutuskan untuk mandi meskipun itu dilarang, sementara Seo-in-soon ke dapur untuk mencari makanan. Sayangnya, dapur itu kosong melompong. Dia hanya bisa menemukan air mineral.

Tiba-tiba saja dia melihat meja makan yang penuh dengan makanan, yang muncul entah darimana. Dia lalu mulai menyantapnya. Sementara itu, Yu-kyung yang sedang mandi tiba-tiba melihat darah mengaliri seluruh dinding dan lantai kamar mandi, juga keluar dari pancuran. Dia lalu terlilit tirai shower dan tiba-tiba saja tubuhnya seperti tertusuk pisau dan dia terluka parah.

Ketika Hyo-jung mengusulkan agar Yu-kyung dinawa ke rumah sakit, Na-ni menolak, karena itu berarti akan membuat mereka berhubungan dengan dunia luar. Sung-yeon-ju setuju dan beranggapan tak pantas kalau mereka semua membatalkan latihan hanya karena perlakuan seseorang yang tidak mematuhi aturan. Dalam pertengkaran itulah terlihat kalau ada perubahan yang sangat menyolok pada sikap Seo-in-soon. Dia yang biasanya pendiam dan pemalu berubah menjadi dingin dan suka mengejek. Dan dia terlibat pertengkaran dengan Sung-yeon-ju, sampai harus dipisahkan oleh Hyo-jung. Sementara itu, Yu-kyung ternyata masih selamat tapi anehnya seekor ular masuk ke dalam mulutnya.

Choi-dong-hon yang khawatir karena istrinya sudah menghilang berhari-hari tanpa kabar, akhirnya berhasil menemukan Sun-hwa dan memaksanya memberitahukan dimana istrinya berada. Bukannya memberitahukan, Sun-hwa malah bunuh diri dengan menabrakkan tubuhnya ke mobil yang sedang melaju kencang.

Pada hari kelima, ketika semua orang terlihat sudah sangat kelelahan dan tak mampu lagi melanjutkan latihan, dia melihat Lee-bo-ra berhasil melakukan sebuah gerakan yang sangat aneh, yaitu memutar pinggangnya sampai berkali-kali dan tidak terluka. Terlihat Lee-bo-ra yang lembut dan pemalu sudah berubah menjadi dingin dan senantiasa mengucapkan bagaimana dia sangat ingin memiliki Kundalini itu,. Karena hanya satu orang saja yang akan bisa memilikinya. Yaitu, yang berhasil bertahan sampai hari ketujuh dan bertemu langsung dengan Kahn-hi-mi.

Sementara itu, Sung-yeon-ju berhasil menemukan cermin, yang ditunjukkan secara diam-diam oleh Lee-bo-ra. Dia tidak perduli, meskipun tahu hal itu terlarang, sementara Lee-bo-ra memang sengaja menjebaknya untuk mengurangi saingan. Lalu dia melihat bayangannya berubah menjadi wanita tua jelek yang tiba-tiba menariknya dari dalam cermin. Dia pun menghilang. Sementara Lee-bo-ra tersenyum senang melihat salah satu saingannya hilang. Tapi, tiba-tiba saja sebuah cermin kecil terlempat ke arahnya dan dia melihat sebuah bibir yang menyatakan kalau seharusnya dia tidak boleh melihat cermin. Nasibnya sama. Ditarik oleh bayangan yang tak terlihat ke dalam cermin.

Sementara itu, Hyo-jung yang diam-diam menyimpan ponselnya akhirnya menghubungi suaminya. Seo-in-soon memergokinya dan berniat melaporkannya kepada Na-ni. Dengan demikian, ia akan didisqualifikasi, sehingga tinggal dirinya seorang saja yang akan meraih Kundalini itu. Tapi Hyo-jung berhasil merebut ponsel itu darinya dan mengancamnya. Ketika dia berlari mencari Na-ni, ia menemukan Yu-kyung sedang makan dengan lahap di dapur. Dia terkejut melihat makanan yang ada diatas meja itu. Makanan itu semua sudah busuk dan penuh belatung. Ia ingat kalau dulu ia juga makan makanan itu, sehingga muntah. Tubuhnya lalu mulai membusuk dan penuh borok, seperti makanan yang sudah dimakannya. Ketika dia berusaha melarikan diri, tiba-tiba pintu terkunci dan dia terkurung. Seo-in-soon pun juga menghilang.

Pada hari keenam, hanya Hyo-jung saja yang masih bertahan dan datang ke ruangan latihan. Teman-temannya yang lain tidak muncul lagi. Dengan keheranan dia mencari kesana-kemari. Tiba-tiba Na-ni muncul dari belakangnya dan mengatakan kalau hanya dia seorang yang layak mendapatkan Kundalini, karena teman-temannya yang lain sudah pergi karena tidak tahan. Na-ni mengatakan kalau besok, Hyo-jung akan bertemu dengan Kahn-mi-hi, sebagai pewaris Kundalini. Syaratnya, dia harus melepaskan jiwanya, untuk memberi tempat kepada Kundalini..

Ketika sedang latihan pada hari ketujuh, Hyo-jung melihat bayangan melintas dan dia mengikutinya sampai masuk ke sebuah ruangan. Dia memasuki sebuah lorong yang becek dan gelap, lalu tersandung oleh sesuatu yang tidak terlihat. Ternyata ruangan itu penuh ular. Ketika dia berusaha melarikan diri, seseorang meninju wajahnya hingga pingsan. Ternyata Na-ni lah orangnya.

Na-ni adalah anak didik Kahn-mi-hi, yang ternyata adalah arwah penasaran yang terobsesi dengan kemudaan. Ia akan menukarkan aura kecantikannya kepada perempuan lain yang dipaksa menukarkan kemudaannya sebagai imbalan. Hyo-jung pun bertemu dengan sosok aslinya yang ternyata sangat menyeramkan. Dengan ketakutan ia berhasil memukul kepala Na-ni dan berniat melarikan diri. Tapi, Na-ni berhasil bangkit lagi tanpa merasa kesakitan, Hyo-jung pun lari menyembunyikan diri.

Dia lalu melihat ada banyak mayat di tempat itu, hingga dia menjerit dan membuat Na-ni berhasil menemukannya. Ternyata tidak ada yang namanya Kundalini, itu semua bohong, yang dipergunakan untuk memperdaya mereka-mereka yang terobsesi dengan kecantikan. Dan Kahn-mi-hi adalah iblis yang berada di balik semua itu. Tiba-tiba saja, sesuatu yang tak terlihat menusuk Na-ni hingga berlumuran darah dan ia mulai meratap dengan ketakutan, memohon maaf pada Kahn-mi-hi. Tapi tetap saja dia terbunuh dengan tulang-tulang yang berpatahan.

Hyo-jung berhasil keluar dari tempat itu dengan selamat dan berniat pergi ke luar kota untuk menghibur diri. Dalam perjalanan, ia berpapasan dengan teman-temannya yang dulu ikut bersamanya di kelas yoga mengerikan itu. Termasuk dengan Seo-ini-soon. Dia kemudian tersadar, kalau ternyata dia berada di dunia yang terpisah dimana poster Khan-mi-hi bertebaran dimana-mana. Dia tidak pernah berhasil kembali ke dunianya. Dia terjebak.

Jadi, sejauh manakah kau berani berkorban untuk mendapatkan kecantikan abadi?

10 comments:

  1. saiia berlangganan lewat email dan saiia membacanya...terus menulis ya.. trims

    ReplyDelete
  2. Oke, mbak :) Makasih komentar, kunjungan, dan langgananya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. judul film ini dlm bahasa aslinya apa sih? kog aku cari gak ada judul the dark class...?

      Delete
  3. ini film udah ada subtitle indo nya ga
    kayaknya bagus nihh setelah baca sinopsisnya drmu mbak

    ReplyDelete
  4. @Imonli: udah ada. Dvd yang kutonton lengkap dengan teks Indonesia :)

    ReplyDelete
  5. aduhhh tak cari itu film kok lom ada
    ratingnya di IMDB kok ga ada yahh
    keluaran tahun brapa film ini kk

    ReplyDelete
  6. Wow, nice review. Film horror, ya. Memang wanita yg terobsesi pada kecantikan itu gak baik. Jadi keinget kisah Elizabeth yg membunuh ribuan gadis muda untuk mandi darah biar awet muda ><

    ReplyDelete
  7. film horor yang menarik
    korea horornya juga lumayan seru gak kalah ama jepang and Thai

    keep ur review sis... ^^

    ReplyDelete
  8. tolong review profil pemain-pemain.a ,please..
    soal.a yang jadi hyo jung tuh mirip dengan kim nana di city hunter,apa memng benar dia yang main?tolong ya..makasih sebelum.a^^

    ReplyDelete
  9. judul film aslinya kalo g salah goya hakwon

    ReplyDelete

Kunjungi juga blog ku yang lain ya:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
~Serendipity

Komentar SPAM dan pengiklan liar pasti akan di-reject!
Maaf, aku tidak menyediakan link download apapun. Mungkin bisa dicari sendiri di google atau di blog film yang menyediakannya :)

Salam

Related Posts with Thumbnails

  © Mirror On The Wall by Simply Fabulous Blogger Templates

Back to TOP