Friday, December 4, 2009

New Moon


Sebenarnya aku tidak ada niat untuk menonton sekuel dari Twilight ini, karena aku sudah terlanjur kecewa melihat film pertamanya. Ternyata, suamiku yang baik hati itu diam-diam sudah membelikan dvd-nya untuk ku. Akhirnya, kutonton juga. Sayang kan sudah dibelikan tapi tidak ditonton, lagi pula aku tidak perlu keluar rumah. Cukup dengan nongkrong di depan tv saja. Hahaha..

Dan ternyata, saudara-saudara. Dugaanku tidak meleset. Vampire Saga ini ternyata sama lambat dan membosankannya dengan Twilight. Bella Swan (diperankan oleh Kristen Stewart) sudah berpacaran dengan Edward Cullen (diperankan oleh Robert Pattinson).

Disini malah tampang si vampir yang katanya ganteng ini jadi terlihat aneh dan tidak semenarik dulu. Yang tambah ganteng malah Jacob Wolf (diperankan oleh Taylor Lautner) si serigala yang juga jatuh cinta pada Bella.

Cinta Bella yang sudah menjadi-jadi membuatnya menuntut Edward agar mengubahnya menjadi vampir juga. Alasannya sederhana. Dia mencintai Edward dan tidak akan pernah meninggalkannya. Tapi dia masih akan menua sementara Edward adalah mahluk abadi yang akan muda selamanya. Dia ingin diubah menjadi vampir pada ulang tahunnya yang ke-18 agar tetap bisa bersanding dalam keabadian dengan Edward yang berusia 19 tahun ketika menjadi vampir. Tapi Edward menolak. Dia tidak ingin Bella berubah menjadi monster seperti dirinya.

Keluarga Cullen memutuskan untuk merayakan ulang tahun Bella dengan pesta kecil-kecilan di kediaman mereka.

Tapi terjadi sebuah insiden. Dengan bodohnya Bella membuat jarinya terluka ketika membuka bungkus kado. Jasper Hale (diperankan oleh Jackson Rathbone) masih termasuk vampir baru yang masih berusaha agar tidak menghisap darah manusia seperti keluarga Cullen lainnya. Tapi dia tidak bisa menguasai diri ketika melihat darah menetes dari jari Bella dan menyerangnya. Edward berhasil menjauhkan Bella darinya dan Jasper keburu ditangkap oleh Emmet Cullen (diperankan oleh Kellan Lutz) yang bertubuh besar. Akhirnya luka Bella diobati oleh Carlisle Cullen (diperankan oleh Peter Facinelli) yang memang berprofesi sebagai dokter dan sudah sangat terbiasa dengan darah manusia.

Kejadian itu menyadarkan Edward akan betapa berbahayanya hidup Bella jika mereka tetap melanjutkan hubungan itu. Dia kemudian memutuskan Bella dan pergi dari desa Fork itu. Dia mengatakan agar Bella tidak usah menunggunya, karena dia tidak akan pernah kembali kesana. Bella bisa mencari kekasih baru, karena mereka sudah tidak mungkin bersatu.

Setelah itu, adegan akan dipenuhi oleh adegan yang menunjukkan bagaimana putus-asanya Bella. Dia menghabiskan waktu dengan berduka. Termasuk adegan bagaimana dia berusaha membahayakan dirinya sendiri dengan harapan Edward akan datang membantunya, seperti dulu. Bagian ini terlalu membosankan, jadi kita abaikan saja ya.

Ayah Bella, Charlie Swan (diperankan oleh Billy Burke), menjadi bingung karena tingkah laku anaknya itu. Dia lalu meminta Bella mencari hiburan ke perkampungan suku Quileute berada. Jacob adalah seorang pemuda Quileute. Charlie berharap Bella bisa melupakan kesedihannya kalau menghabiskan waktu dengan Jacob.

Kemudian Jacob memperkenalkan Bella dengan dunia bengkel dan sepeda motor. Berdua mereka menghabiskan waktu dengan berkutat di bengkel milik Jacob. Pria itu juga mengajarkannya cara mengendarai sepeda motor. Disana dia berkenalan dengan anggota suku Quileute lainnya.

Mereka tetap menyambut Bella sekalipun mereka masih menganggap dia pacar Edward yang vampir. Seperti dijelaskan pada sekuel sebelumnya, suku Quileute tidak pernah akur dengan vampir. Mereka memang tidak berkonfrontasi langsung dengan keluarga Cullen, karena mereka tidak memburu manusia. Tapi tetap saja suku Quileute membenci kaum vampir. Pergaulan Bella dengan merekalah yang membuatnya bisa melupakan sosok Edward.

Tapi, sejak kepergian Edward, dia mulai sering mengalami mimpi buruk, hingga setiap hari Charlie selalu terbangun untuk melihat Bella ke kamarnya. Tapi ia tidak pernah menceritakan mimpinya itu kepada siapapun. Ia hanya melarikan diri kepada Jacob. Perlahan-lahan, perhatiannya mulai teralihkan kepada Jacob.

Pada waktu itu pulalah Bella mengetahui kalau ternyata Jacob juga bukan manusia biasa. Dia bisa berubah menjadi serigala. Dan proses perubahannya menjadi serigala dialami Jacob ketika Bella selalu berada di dekatnya. Bella menjadi stress. Dia merasa ada yang tidak beres dengan dirinya. Dia tidak pernah berhasil menemukan kekasih yang benar-benar manusia normal. Edward vampir, sementara Jacob serigala. Karena putus asa, ia memutuskan untuk bunuh diri dengan terjun ke jurang di tepi laut. Tapi dia berhasil diselamatkan oleh Jacob.

Sementara itu ditunjukkan kalau Edward berada di Italia. Dia ternyata punya niat untuk mati. Vampir adalah mahluk abadi yang tidak bisa mati. Tapi ada satu keluarga vampir di Italia yang bernama keluarga Volturi.

Keluarga ini begitu kuatnya hingga mampu membunuh vampir yang lain. Edward berniat membuat marah keluarga Volturi sehingga dia akan dibunuh.

Tapi, Alice Cullen (diperankan oleh Ashley Greene) yang memiliki kemampuan untuk melihat masa depan, mengetahuinya. Alice kemudian menghubungi Bella dan memintanya membantu agar niat Edward batal. Mereka berdua pun pergi ke Italia. Ketika itu dia melihat Edward sudah berniat bunuh diri dengan keluar tepat pada jam 12 siang. Itu akan membunuhnya juga. Tapi Bella berhasil menerjangnya, sehingga niatnya batal. Dan ajaibnya, kedatangan Bella itu membuat Edward melupakan niat bunuh diri dan niat untuk menjauhi Bella.

Dan itu pulalah kali pertama Bella bertemu dengan keluarga Volturi. Ternyata keluarga vampir tua ini ingin mengajak Edward bergabung dengan mereka. Untuk pertama kalinya muncul tokoh Jane (diperankan oleh Dakota Fanning), aktingnya sangat menarik. Tapi, suasana segera berubah menjadi berbahaya bagi Bella. Keluarga Volturi memburu manusia. Dan mereka mengancam akan memakan Bella, kalau Edward menolak bergabung dengan mereka.

Tapi mereka menemukan kalau Bella ternyata tidak mempan dengan segala kekuatan sihir yang dimiliki Keluarga Volturi. Mereka menganggapnya menarik, karena belum ada yang seperti itu sebelumnya. Ditambah lagi perjuangan mati-matian Edward untuk membela Bella ketika keluarga itu berusaha memangsanya. Karena ketakutan, Bella memohon agar Volturi membunuhnya saja daripada membunuh Edward. Mereka heran karena Bella mau mengorbankan nyawanya demi seorang vampir.

Kamudian Alice mengungkapkan bakatnya yang bisa melihat ke masa depan. Dan ia mengatakan kalau ia melihat Bella akan menjadi vampir di masa depan, hanya menunggu waktu saja. Keluarga Volturi kemudian melepaskan mereka, dengan syarat Bella harus sudah menjadi vampir ketika mereka bertemu lagi dengannya.

Keluarga Cullen sangat berterimakasih karena Bella rela datang untuk menyelamatkan Edward, termasuk Rosalie Hale (diperankan oleh Nikki Reed) yang selama ini tidak perduli kepadanya. Dan Bella menagih janji Edward untuk menjadikannya vampir, sesuai dengan permintaan Volturi.

Tapi Edward menolak dan tetap bertekad untuk membiarkan Bella sebagai manusia. Hanya Carlisle yang terpaksa memenuhi keinginan Bella dan menyatakan kalau Bella akan diubah menjadi vampir setelah ia lulus sekolah.

Kepulangan Edward membuat Jacob sedih dan patah hati. Dia menyadari kalau cinta Bella tidak pernah tulus kepadanya. Dia hanya mencintai Edward saja. Jacob bahkan mengubah dirinya menjadi serigala dan siap untuk bertarung dengan Edward, tapi Bella berhasil melerainya. Kejadian ini membuat Edward semakin yakin bahwa Bella tidak seharusnya berubah menjadi vampir, karena akan menyakiti banyak pihak.

Secara keseluruhan, aku ngantuk menonton film ini. Kecuali pada cukilan-cukilan kejadian di keluarga Volturi dan adegan perkelahian antara serigala dan vampir yang efek visualnya lumayan bagus. Selebihnya? Datar... (2009)

10 comments:

  1. wah gw dah sempet nonton nih film, baru mulai sekitar 15 menitan saya tertidur...

    ReplyDelete
  2. Saya belum nonton dua2nya, kurang tertarik, tapi kenapa film ini ngetop banget yah...

    ReplyDelete
  3. I am team Jacob Ris! How about you??? Don't tell my husband though.. LOL

    ReplyDelete
  4. sumppah nih mbak risma memang momy yang kreatif dan aktif, dua jempol buat mbak ris, tambah dua jempol kaki juga dah heuheu.

    anyway thanks for your review, kalogak di review sama mbak ris mana pernah aku tau film, orang gak pernah nonton, hehehe aku bookmark ah :)

    ReplyDelete
  5. yang new moon sih belom nonton abis anakku takut diajak nonton neh movie tapi kalo yang twilight udah nonton...lumayan aja sih nonton twilight..abis pemainnya yang cowok ganteng2 sih hehehe

    ReplyDelete
  6. ku juga ntn twilight n agak mengecewakan krn pas action nya kurang maximal bgt. ga tau deh low new moon....

    ReplyDelete
  7. Even though I didn't understand the language that you used, but I do understand what you supposed to say. Since I able to watch this NEW MOON. I would say perhaps you are having a film review? Am I right?

    ReplyDelete
  8. @Rifky: hahaha... saya juga setengah mati menahan kantuk :D
    @Mbak Lina: mungkin karena tampang pemain2 nya, mbak. Biasalah...histeria anak remaja :)
    @Purwasuka: waduh..pujiannya selangit..jadi gak enak hati :)
    @Mbak Bintang: tuh kan...lebih seru lihat pemainnya daripada jalan ceritanya ya.. hihihi
    @Nophie: setuju..kurang maksimal
    @Burn: correct.. this is a movie review blog. You can use google translator here :)

    ReplyDelete
  9. Wah, review nya bagus. Tapi mo ralat dikit, mbak. Si Bella sebenarnya sangat kangen sama Edward. Tiap dia menantang bahaya dia selalu melihat bayangan Edward. Makanya dia terus-menerus menantang bahaya biar ketemu Edward-walaupun hanya bayangan sekilas. Seperti saat dia naik motor gede sama preman, naik motor traill sama Jacob n terjun ke laut dari jurang yang tinggi. Tujuannya satu, agar bisa mengobati kangennya dengan melihat bayangan Edward.

    ReplyDelete

Kunjungi juga blog ku yang lain ya:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
~Serendipity

Komentar SPAM dan pengiklan liar pasti akan di-reject!
Maaf, aku tidak menyediakan link download apapun. Mungkin bisa dicari sendiri di google atau di blog film yang menyediakannya :)

Salam

Related Posts with Thumbnails

  © Mirror On The Wall by Simply Fabulous Blogger Templates

Back to TOP